Untad Gelar Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Antar Mahasiswa (MTQM) Tahun 2019

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk mengembangkan minat & bakat dibidang Al- Qur’an serta menanamkan nilai-nilai seni budaya Islami di kalangan mahasiswa, Universitas Tadulako untuk pertama kalinya melaksanakan Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an antar Mahasiswa (MTQM) selama 22 – 26 April bertempat di Media Center Lantai II Untad.

Seleksi yang mengangkat tema “Melalui MTQM – PT, Kita Tingkatkan Minat Baca Al-Qur’an Menuju Generasi Qur’ani, Unggul, Cerdas dan Berakhlakul Kharima” diikuti sebanyak 160 Mahasiswa dari 11 Fakultas se Universitas Tadulako yang akan berkompetisi di beberapa bidang MTQM diantaranya Debat Al-Qur’an, Kaligrafi, Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) atau pemahaman isi kandungan Al-Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) atau analisis kajian tentang Al-Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah (MQS) atau musabaqah dengan bacaan riwayat Warsy dan Qalun dengan martabat mujawwad,MTTQ dan Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz (HQ5) atau hafalan Al-Qur’an 5 juz (juz 1 s.d. juz 5).

Pembukaan MTQM-PT Universitas Tadulako oleh Prof. Dr. Juraid, M.Hum bersama Dewan Hakim

Selama proses penilaian, para peserta akan dinilai oleh tim dewan juri Untad diantaranya Prof. Dr. Juraid, M. Hum, Dr. Aminah, S. Pd., M.Pd., M.Ed, Drs. H. Abdul Azas T,. MM, Hj. Hasni H. Timi, Fendi Pradana, S. Pd., M. Si, Fahrunnisa, S. Pd, Rafani Tuahuns, SH dan Muh. Arif, S. Pd. I. Adapun Persyaratan Umum dalam mengikuti MTQM Untad 2019 adalah sebagai berikut ;

  1. Peserta adalah mahasiswa yang masih aktif yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), atau Surat aktif dan Surat Pembayaran SPP terakhir, pada tahun pelaksanaan kegiatan (tahun 2019).
  2. Mahasiswa peserta harus terdaftar dan tergabung dalam satu kafilah Untad.
  3. Setiap peserta hanya boleh mengikuti 1 (satu) bidang musabaqah.
  4. Musabaqah yang bersifat beregu harus beranggotakan mahasiswa yang berasal dari satu perguruan tinggi yang sama.
  5. Anggota regu harus laki-laki semua atau perempuan semua.
  6. Panitia memberikan ID Card kepada peserta yang telah memenuhi persyaratan.
  7. Peserta dinyatakan gugur apabila tidak memenuhi persyaratan.
  8. Peserta yang pernah menjadi juara 1 (satu) pada salah satu bidang lomba MTQ Mahasiswa Nasional sebelumnya, tidak dibenarkan mengikuti bidang lomba yang sama, kecuali yang bersangkutan mengikuti bidang lomba lain yang berbeda.
Proses Seleksi MTQM-PT Universitas Tadulako

Hasil seleksi Musabaqah akan dijadikan acuan untuk menentukan mahasiswa terbaik yang akan mewakili Untad untuk diikutsertakan dalam seleksi tingkat nasional, yakni MTQ Mahasiswa Nasional XVI Tahun 2019 di Universitas Syiah Kuala – Aceh. Pengumuman Mahasiswa yang akan mewakili Untad ditingkat Nasional direncanakan akan diumumkan usai seleksi tahap kedua pada 29 April – 3 Mei 2019 mendatang. AA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *