Untad Gelar Press Conference Pelaksanaan PKKMB 2018

Bertempat di Ruang Senat Lama Lantai II Untad, Panitia Pelaksana PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa) Untad menggelar Press Conference pada Senin (23/07) Siang yang di hadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ketua Panitia, Mahasiswa dan awak media.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Djayani Nurdin, M.Si selaku Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan memperkenalkan panitia dan pihak yang akan terlibat dalam kegiatan PKKMB untuk Mahasiswa Baru dibulan Agustus mendatang.

“ Tahun ini kegiatan PKKMB  akan memperkenalkan beberapa materi seputar Kebangsaan kepada Mahasiswa Baru karena melihat isu isu radikalisme yang kian berkembang.  Pelaksanaan PKKMB nantinya akan di ketuai oleh Dr. Intam Kurnia M.Si asal FISIP dengan wakil ketua Dr. Rustan Efendi, S.Si, MT dari FMIPA serta sekretaris Dr. Ir. Syharir MP dari FAPETKAN. Panitia PKKMB berasal dari tiga komponen yaitu Para Dosen, Pegawai dan Mahasiswa. Panitia pun telah menyiapkan sekitar 170 pemateri yang berasal dari akademisi Untad yang telah mengikuti Training of Trainers pada bulan Mei yang lalu.” Jelas Prof. Djayani

Pada kesempatan yang sama, Dr. Intam Kurnia M.Si selaku Ketua Panitia menuturkan detail PKKMB yang akan dilaksanakan untuk Mahasiswa Baru.

“ Kegiatan PKKMB ini telah memasuki tahun kedua. Setelah melewati beberapa evaluasi, PKKMB tahun ini memiliki 10 gugus di semua Fakultas yang menggunakan sekitar 10 – 20 ruangan yang ditotalkan sekitar 161 ruangan. Pelaksanaan PKKMB akan dilaksanakan sekitar 5 hari mulai tanggal 6 – 10 Agustus 2018. Kelas akan dimulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang. Setiap gugus juga akan didampingi 20 orang yang setiap pendamping akan bertanggung jawab di setiap kelas – kelas yang akan diisi sekitar empat puluh Mahasiswa per kelas. Nantinya para Mahasiswa Baru akan mendapatkan kursi dalam menerima materi mengingat aktivitas pengenalan kampus sebelumnya masih dilakukan dengan me-lantai. Dalam sehari ada tiga materi yang akan dipaparkan dengan narasumber yang berasal dari Akademisi untad yang telah mengikuti Pelatihan sebelumnya.“ Jelas Dr. Intam Kurnia.

Beliau turut menambahkan bahwa materi yang akan dipaparkan saat PKKMB diantaranya mengenai Pilar – Pilar Kebangsaan, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan & Sistem Pertahanan serta Pengetahuan Hukum Tindak Pidana & Lalulintas, Pemberantasan Korupsi, Keberagaman Dalam Kehidupan Beragama serta Penanggulangan Bencana.

Dikesempatan lainnya, Rudy Gosal SE., M.Si selaku Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencaan Untad menuturkan atribut yang akan digunakan saat PKKMB.

“ Atribut yang akan digunakan Mahasiswa dalam kegiatan PKKMB adalah kemeja putih dan celana hitam. Peserta juga diwajibkan untuk menyiapkan name tag (kartu nama) sendiri yang berisikan nama dll. Website Untad dan Humas Untad merupakan satu-satunya pusat informasi tentang PKKMB. Kami juga akan mengawasi kegiatan ini agar terhindar dari ‘perponcoloan’ senior kepada junior mahasiswa nya dengan menyiapkan komisi disiplin. Sehingga apabila Mahasiswa Baru mendapatkan perlakuan seperti ‘perponcoloan’  diluar kendali Panitia PKKMB akan berurusan dengan Pihak Komisi Disiplin.” Tambah Pak Rudy Gosal. AA