Untad Apresiasi Bank Mandiri Pilih Alumni Untad Untuk Perekrutan Calon Pimpinan Daerah Wilayah Sulawesi – Maluku

Bertempat di Ruang Senat Lama Lantai II Untad, Bank Mandiri menggelar Campus Recruitment – Calon Pimpinan Daerah Khusus (CPDK) wilayah Sulawesi – Maluku pada Senin (27/08) Pagi yang dihadiri para alumni Universitas Tadulako dari berbagai Fakultas. CPDK Bank Mandiri merupakan program rekrutmen dan seleksi khusus yang ditujukan kepada kandidat yang berasal dari local people (putra/putri daerah) yang dibina dan dilatih melalui program pengembangan khusus agar memahami standard operation dan business process di unit kerja dan siap menjalankan peran serta tugas pegawai pimpinan di daerah setempat.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Djayani Nurdin,S.E.,M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad sangat mengapresiasi campus recruitment yang digelar Bank Mandiri dan memilih alumni Universitas Tadulako untuk menempati posisi sebagai calon Pimpinan Bank Mandiri di wilayah Sulawesi dan Maluku. Beliau turut mendorong para alumni Untad yang berasal dari 5 Fakultas (Fakultas Ekonomi, Hukum, Pertanian, Teknik dan FMIPA) yang mengikuti CPDK Sulawesi – Maluku untuk mengeluarkan potensi terbaiknya pada perekrutan kali ini agar dapat terpilih menjadi Pimpinan Bank Mandiri Daerah Khusus Wilayah Sulawesi – Maluku .

Pada kesempatan yang sama, Pak Bambang Triatmoko selaku Perwakilan Bank Mandiri menuturkan bahwa perekrutan putra/putri daerah untuk posisi pimpinan Bank Mandiri di daerah Sulawesi & Maluku didasari oleh pengenalan wilayah daerah yang lebih baik jika dibandingkan calon dari luar wilayah daerah tersebut. Sehingga diharapkan putra/putri daerah kedepan dapat memiliki peran dan posisi strategis di Bank Mandiri khususnya diwilayah Sulawesi dan Maluku. Para calon pun akan dinilai kemampuan bahasa inggris nya melalui TOEFL dan berbagai kualifikasi lainnya.

Kualifikasi Umum CPDK Bank Mandiri meliputi ;

  1. Putra/Putri Daerah.
  2. Tidak memiliki hubungan keluarga di Bank Mandiri (nuclear family).
  3. Belum Menikah.
  4. Pendidikan S1.
  5. IPK di atas 3.00.
  6. Penempatan Wilayah Sulawesi dan Maluku.
  7. Maksimal berusia 26 tahun.

Tahapan seleksi dilakukan selama dua hari sejak tanggal 27 – 28 Agustus 2018 yang meliputi Psycometric Test, Medical Test, Profil Screening dan Panel Interview. Peserta yang dinyatakan terpilih nantinya akan dihubungi oleh Pihak Bank Mandiri melalui Email atau Contact Person. Info lebih lanjut dapat dilihat disini. AA

Rektor Untad Apresiasi Tim Debat Untad Yang Raih Juara III Di Kompetisi Debat Mahasiswa Se Indonesia

Mahasiswa Universitas Tadulako kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini melalui tim debat bahasa Indonesia yang berhasil meraih juara III pada perhelatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Nasional yang diselenggarakan di Malang pada 28-31 Agustus 2018. Sebelum berlaga di tingkat nasional, Tim debat Untad ini telah mengalahkan kurang lebih 60 tim pada KDMI tingkat Kopertis Wilayah IX tahun 2018 sehingga berhak mewakili Kopertis Wilayah IX pada KDMI tingkat Nasional.

Tim debat Bahasa Indonesia Untad kali ini terdiri dari Andriawan Marcellino, Rizaldy Alif Syahrial, Dion Yosafat,dan Triyono. Menurut Rizaldy ALif Syahrial, KDMI ini merupakan kompetisi debat Bahasa Indonesia tingkat nasional yang pertama dilaksanakan dan diinsiasi langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta diikuti oleh 14 perguruan tinggi yang mewakili kopertisnya masing-masing. Ia bersama timnya berhasil masuk tiga besar bersama tim debat Universitas Indonesia (UI) yang meraih peringkat I serta tim debat Universitas Gadjah Mada (UGM)  yang berada di posisi ke II.

‘Keberhasilan ini merupakan kerja sama tim serta kerja sama dari semua pihak termasuk pembimbing dan ofisial, termasuk juga Rektor dan Wakil Rektor III atas dukungannnya sehingga kami berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi ini” Ujar Rizaldy.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir SE. MS selaku Rektor Untad menyambut baik kedatangan para tim Untad pada Rabu (15/08) pagi di Ruang Rektor Untad yang berhasil mendapatkan Juara III pada kompetisi tingkat Nasional tersebut. Prof. Basir bersama Kabag Kemahasiswaan memaparkan rasa bangganya dan memberikan apresiasi kepada seluruh tim Debat Bahasa Indonesia Untad. Pertemuan dengan Rektor kemudian ditutup dengan Foto Bersama. AA

Tim Mahasiswa Untad Raih Juara I & II Di Ajang Cerdas Cermat Pemilu Tingkat Universitas KPU Sulteng

Kompetisi Cerdas Cermat Pemilu KPU Provinsi Sulawesi Tengah antar Perguruan Tinggi berhasil dimenangkan oleh tim Mahasiswa Universitas Tadulako yang digelar pada Kamis, (9/8) pagi di Auditorium IAIN Palu. Masing-masing PT mengirimkan dua regu untuk berlaga di ajang yang baru pertama kali digelar di Sulteng. Usai melakukan penilaian, dewan juri memutuskan tim dari Universitas Tadulako berhasil menyabet Juara I dan Juara II, sedangkan Universitas Muhammadiyah Palu berhasil keluar sebagai Juara III.

Kompetisi Cerdas Cermat Pemilu 2018 merupakan rangkaian dari kegiatan KPU Provinsi Sulawesi Tengah Goes To Campus. Perwakilan KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Sahran Raden menuturkan bahwa materi yang diberikan pada peserta Cerdas Cermat membahas seputar Pancasila, UUD 1945, Wawasan Kebangsaan dan Kepemiluan. Beliau menilai ketiga materi tersebut menjadi penting bagi mahasiswa untuk mewarnai segmen kehidupan.

“ Materi pancasila dan UUD 1945 adalah pondasi dasar, ideologi kenegaraan yang harus ditanamkan untuk mewarnai kehidupan setiap warga negara Indonesia. Materi wawasan kebangsaan bertujuan menggali nilai-nilai pengetahuan mahasiswa. Kita tau saat ini, ada yang disebut dengan istilah radikalisme yang mulai masuk ke wilayah perguruan tinggi. Sehingga melalui cerdas cermat pemilu ini diharapkan

menjadi pintu masuk KPU untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah.” Urai Pak Sarhan.

Beliau turut menambahkan bahwa materi kepemiluan diperuntukkan bagi mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang kepemiluan sehingga mereka dikategorikan aktif berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu 2019. Kegiatan cerdas cermat pemilu ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2019 terutama Mahasiswa.

Foto Bersama Wakil Rektor Bid. Kemahasiswaan Prof. Dr. H. Djayani Nurdin,SE.,M.Si

Di ajang tersebut, Universitas Tadulako mengirim 7 perwakilan diantaranya ;

  1. Fahreza S.Sam Lam asal Fakultas Hukum 2016.
  2. Oval Pratama asal Fakultas Hukum 2017.
  3. Yosua Aditya Dwi Ariefka Putra asal Fakultas Hukum 2017.
  4. Salsabila Sandy Akhira asal Fakultas Hukum 2015.
  5. Akbar Wirawan asal Fakultas Pertanian 2015.
  6. Mohammad Asnur Syaifullah asal Fakultas Pertanian 2016. AA