Untad Gelar Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Antar Mahasiswa (MTQM) Tahun 2019

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk mengembangkan minat & bakat dibidang Al- Qur’an serta menanamkan nilai-nilai seni budaya Islami di kalangan mahasiswa, Universitas Tadulako untuk pertama kalinya melaksanakan Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an antar Mahasiswa (MTQM) selama 22 – 26 April bertempat di Media Center Lantai II Untad.

Seleksi yang mengangkat tema “Melalui MTQM – PT, Kita Tingkatkan Minat Baca Al-Qur’an Menuju Generasi Qur’ani, Unggul, Cerdas dan Berakhlakul Kharima” diikuti sebanyak 160 Mahasiswa dari 11 Fakultas se Universitas Tadulako yang akan berkompetisi di beberapa bidang MTQM diantaranya Debat Al-Qur’an, Kaligrafi, Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) atau pemahaman isi kandungan Al-Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) atau analisis kajian tentang Al-Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah (MQS) atau musabaqah dengan bacaan riwayat Warsy dan Qalun dengan martabat mujawwad,MTTQ dan Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz (HQ5) atau hafalan Al-Qur’an 5 juz (juz 1 s.d. juz 5).

Pembukaan MTQM-PT Universitas Tadulako oleh Prof. Dr. Juraid, M.Hum bersama Dewan Hakim

Selama proses penilaian, para peserta akan dinilai oleh tim dewan juri Untad diantaranya Prof. Dr. Juraid, M. Hum, Dr. Aminah, S. Pd., M.Pd., M.Ed, Drs. H. Abdul Azas T,. MM, Hj. Hasni H. Timi, Fendi Pradana, S. Pd., M. Si, Fahrunnisa, S. Pd, Rafani Tuahuns, SH dan Muh. Arif, S. Pd. I. Adapun Persyaratan Umum dalam mengikuti MTQM Untad 2019 adalah sebagai berikut ;

  1. Peserta adalah mahasiswa yang masih aktif yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), atau Surat aktif dan Surat Pembayaran SPP terakhir, pada tahun pelaksanaan kegiatan (tahun 2019).
  2. Mahasiswa peserta harus terdaftar dan tergabung dalam satu kafilah Untad.
  3. Setiap peserta hanya boleh mengikuti 1 (satu) bidang musabaqah.
  4. Musabaqah yang bersifat beregu harus beranggotakan mahasiswa yang berasal dari satu perguruan tinggi yang sama.
  5. Anggota regu harus laki-laki semua atau perempuan semua.
  6. Panitia memberikan ID Card kepada peserta yang telah memenuhi persyaratan.
  7. Peserta dinyatakan gugur apabila tidak memenuhi persyaratan.
  8. Peserta yang pernah menjadi juara 1 (satu) pada salah satu bidang lomba MTQ Mahasiswa Nasional sebelumnya, tidak dibenarkan mengikuti bidang lomba yang sama, kecuali yang bersangkutan mengikuti bidang lomba lain yang berbeda.
Proses Seleksi MTQM-PT Universitas Tadulako

Hasil seleksi Musabaqah akan dijadikan acuan untuk menentukan mahasiswa terbaik yang akan mewakili Untad untuk diikutsertakan dalam seleksi tingkat nasional, yakni MTQ Mahasiswa Nasional XVI Tahun 2019 di Universitas Syiah Kuala – Aceh. Pengumuman Mahasiswa yang akan mewakili Untad ditingkat Nasional direncanakan akan diumumkan usai seleksi tahap kedua pada 29 April – 3 Mei 2019 mendatang. AA

SELEKSI TINGKAT REGIONAL (TAHAP KEDUA) ON MIPA (OLIMPIADE NASIONAL MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM) MAKASSAR

Acara Pembukaan di buka oleh Ketua Kopertis Wilayah IX dan Ketua Belmawa RESTEKDIKTI disampaikan jumlah peserta seleksi ON MIPA-PT sebanyak 462 orang dari 30 PTN/PTS Wilayah IX di Makassar Sulawesi Selatan pada tanggal, 25 s/d 27 Maret 2019.

Foto Bersama Ketua Kopertis Wilayah IX dan Ketua Belmawa serta Ketua Tim Peserta ON MIPA-PT.

Foto Bersama Dosen Pendamping dan Tim Universitas Tadulako
Pelaksanaan Ujian Peserta ON MIPA-PT
Foto Warek Bima dan Peserta ON MIPA Universitas Tadulako

Kejurnas PERTI Pencak Silat Ke-VII Tahun 2018,UNS Solo

Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi Memperebutkan Piala Bergilir Kementerian Pemuda dan OLahraga R.I yang ke-VII (tujuh) di Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo – Surakatra tahun 2018.

Pembukaan Kejurnas Pencak Silat PERTI dibuka oleh Ketua Umum IPSI oleh Lejten (Purn) Prabowo Subianto di GOR Sritex Solo- Surakata yan Ke VII tahun 2018

Kegiatan ini diikuti 57 kontingen PTN/PTS Se-Indonesia dengan jumlah peserta 547 Atit dengan 9(sembilan) kategori kelas tanding putra, kelas tanding putri, dan 6 kategori seni putra dan putri dengan memperebutkan 21 Medali serta piala bergilir KEMENPORA R.I yang dilaksanakan pada tanggal 25/11/2018 di Gedung Olahraga Sritex Arena Solo-Surakarta serta yang menjadi tuan rumah pelaksana pada kegiatan kali ini adalah Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS – Solo).

Kegiatan ini merupakan salah satu kompetisi yang dilaksanakan tiap 2 tahun sekali dan diakui oleh PB.IPSI, BAPOMI dan KEMEMPORA selain kegiatan POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional)

Pada kegiatan kali ini Tim Pencak Silat Universitas Tadulako menjadi salah satu peserta yang ikut berpartisipasi pada kejuaraan kali ini dengan mengirimkan jumlah Atlit 7 orang yang mewakili Untad dari berbagai Fakultas yang ada dengan 4 Official diantaranya, Drs. Rusli Djuhaepa (Ketua Tim), Abdul Rahman, ST (Manager), Marsyaf Rinaldy, ST (Pelatih), Moh. Akbar (Dokumentasi) adapun Atlit yang ditugaskan mengikuti kegiatan tersebut adalah Aditya Nurhidayat (kelas A putra), Moh. Rezaldi (kelas B putra), Dimas Priya Aditya (kelas C putra), Moh. Asier (kelas D putra), Dimas (kelas E putra), Muhammad Lukman (kelas E putra), Zakia Rizkita (kelas C putri)

Pelatih Marsyaf Rinaldi,ST dan Asisten Pelatih Abdul Rahman, ST tengah mempersaiapkan atlit Tim Universitas Tadulako yang akan turun di kelas D Putra Moh. Asier pada Partai ke 87 di Gor Sritex Arena Solo.
Mohammad Lukman KElas F Putra Berhasil meraih Medali Perunggu Juara III 
pada kegiatan Kejurnas Pencak Silat PERTTI Ke-VII  
di Gor Sritex Arena, Solo-Surakarta Tahun 2018